Trend Teknologi Game dan Teknologi Game Masa Depan
Trend
Teknologi Game
Social
Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaanmicropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
Online Application
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaanmicropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
Online Application
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
Cloud
Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
Teknologi
Masa Depan
Virtual
Reality (VR)
Virtual
reality atau VR sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Oculus Rift secara
berani membawa mimpi virtual reality menjadi kenyataan. Sejauh
ini kita melihat perkembangan video gamemelalui grafis yang semakin lama
semakin indah, namun teknologi VR akan membawa grafis video game ke
level selanjutnya. Melalui
VR, batasan antara pemain dan video gameakan sirna. Kita tidak akan lagi
bermain sebagai seorang karakter yang diciptakan oleh developer. Dengan
VR, kita sendiri yang akan menjadi karakter divideo game. VR juga
membuka kemungkinan untuk menciptakan sebuah dunia virtual, sebuah dunia baru
yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.
Cloud
Gaming
Di masa
depan, mungkin kita tidak perlu lagi bermain menggunakan konsol. Cukup
bermodalkan koneksi internet dan sebuah monitor, kita sudah bisa bermaingame.
Melalui cloud gaming, kita bisa bermain gamesemudah menonton video
di YouTube. Cloud
gaming juga membuka kemungkinan untuk membuat game lebih murah
dan mudah diakses. Di masa depan, istilah “streaming” tidak akan lagi terbatas
untuk menonton video di internet, karena bermain game juga bisa
dilakukan dengan streamingmelalui televisi, tablet, dan ponsel! Sony telah
melakukan langkah yang cukup berani dengan membeli sebuah perusahaan cloud
gamingbernama Gaikai. Rencananya, Sony akan
mengintegrasikan cloud gaming dengan PlayStation 4melalui
sebuah platform bernama PlayStation Now.
Augmented
Reality(AR)
Dengan augmented
reality (AR), kita tidak hanya bisa melihat lingkungan nyata di sekitar
kita, tapi kita juga akan melihat layar atau gambar virtual yang memberikan
berbagai informasi dan data secara digital. Salah
satu contoh game saat ini dengan augmented reality adalah Ingress.
Ingress menggunakan lokasi dan informasi dunia nyata untuk bermain. Game PS
Vita bernama PulzAR juga sukses menggunakan teknologi augmented reality.
Kita hanya perlu untuk mengarahkan kamera PS Vita kita pada sebuah kartu
khusus, kemudian PS Vita akan secara otomatis memunculkan pion dan ikon virtual
untuk kita mainkan. Di masa
mendatang, mungkin kita bisa bermain lebih banyak game berteknologi augmented
reality dengan Google Glass atau dengan alat yang serupa.
Penggunaan augmented reality memungkinkan kita untuk bermain game secara
lebih aktif.
Social
Gaming
Hilang
sudah masa di mana bermain video gameterbatas hanya untuk diri sendiri.
Saat ini, hampir semua video game memiliki fitur sosial di mana kita
bisa berbagi informasi dengan orang lain. Rekor bermain, skor tertinggi, hingga
mendapatkan poin tambahan bisa dilakukan dengan fitur sosial ini.
Microsoft menerapkan social
gaming melalui Xbox Live, Sony mengikuti langkah Microsoft dengan
membangun PlayStation Network. SedangkanNintendo baru-baru ini
membuat hal yang sama melalui Nintendo Network. Dengan social gaming,
para pemain diharapkan bisa berkompetisi dan berbagi satu sama lain.
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar